Mata kuliah ini mencakup topik-topik bahasan tentang filsafat ilmu, logika berpikir, proses berpikir ilmiah. Kuliah bersifat interaktif. Mahasiswa diminta berpikir arah riset mendatang atau di masa depan, menghasilkan hipotesis baru dan merancang penelitian untuk menguji hipotesis. Dengan memanfaatkan pengetahuan Filsafat dan Bioetik Kedokteran yang digunakan pada pelayanan Kedokteran, di dalamnya mengandung aspek-aspek etika yang sangat erat berkaitan dengan etika penelitian. Metode diskusi kelompok yang terbagi ke dalam 2-3 kelompok, pada setiap pertemuan, tiga mahasiswa mempresentasikan filsafat ilmu dan etika sesuai bidang ilmu yang ditekuni dan akan dipersiapkan untuk proposal penelitiannya, sedangkan mahasiswa lain bertugas sebagai oponen.

Diskusi digunakan untuk membahas prinsip pertanggungjawaban, moral dan etik yang mendasari riset biomedik secara umum dan khusus termasuk manfaat hasil penelitian yang mudah diaplikasikan bagi tridharma Perguruan Tinggi. Diskusi juga didasarkan pada kasus-kasus pelanggaran etik dan pertanggungjawaban ilmiah yang dikaji bersama dengan kelompok lain, dibimbing oleh narasumber. Tutorial pengajuan kaji etik proposal riset ke Komisi Etik FKUI-RSCM dilakukan dalam kelompok kecil berdasarkan perjanjian dengan narasumber/ pakar di bidang filsafat ilmu dan etik bidang riset biomedik. Evaluasi pembelajaran meliputi tingkat kehadiran, pengerjaan tugas kelompok dan presentasi individu serta nilai ujian filsafat ilmu dan etika.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1 : Menguasai cara kerja ilmiah yang berdasarkan filsafat ilmu, yaitu aspek pembenaran ilmiah, aspek temuan (inovasi) dan aspek etika keilmuan.
CPMK 2 : Menguraikan aspek pembenaran ilmiah berdasarkan logika dan rasional tentang gagasan mengenai cara kerja ilmiah
CPMK 3 : Menganalisis hasil pemikiran peraih nobel di bidang kedokteran yang inovatif termasuk penjelasan definisi dan prinsip aspek temuan (inovatif) serta dan keberhasilan teknologi terkini dalam ilmu biomedik.
CPMK 4 : Menerapkan etika keilmuan dalam penelitian, penyusunan makalah ilmiah dan publikasi ilmiah sehingga terhindar dari kasus pelanggaran etik.

Deskripsi Mata Kuliah:
Bobot SKS : 1 SKS
Jenjang : S3 (Doktoral)
Estimasi Waktu Pembelajaran : 1 Semester
Moda : Self Paced
Skill Level: Beginner