Selamat datang di Mata Kuliah Action Research dan Action Learning dan selamat bergabung dengan ribuan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini.

Secara garis besar Capaian pembelajaran mata kuliah ini memberikan pengalaman pembelajaran kepada Anda bagaimana merancang Action Research baik di sektor Bisnis maupun Publik yang pada penerapannya dapat dijadikan Action Learning untuk memperbaiki permasalahan organisasi khususnya pada E Governance. Ruang lingkup bahan kajian meliputi hasil karya mahasiswa dalam bentuk riset kecil, pembuatan video mandiri melalui Youtube, buku dan artikel penelitian sebagai literatur terkait, serta pengalaman empiris dosen dalam menerapkan Action Research. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran ini Bahasa Indonesia. Beberapa metode pembelajaran yang akan digunakan berupa Student Centered Learning, Collaborative Learning, dan Research Based Learning. Media teknologi yang digunakan mengkombinasikan antara sinkronus dan asinkronus dengan menggunakan Video Pembelajaran, Youtube, Zoom atau Google Meet, Quiz dan Questionnaire. Sebagai pengumpulan tugas pastikan Anda sudah memiliki akun Youtube untuk melakukan pengunggahan dan menyajikan link dalam proses pembelajaran.

Untuk memulai belajar, pelajari dulu kelas ini dari Buku Rancangan Pengajaran. Selama pembelajaran, pelajari materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi yang diperlukan supaya Anda dapat lulus dari mata kuliah ini.

Buka forum diskusi yang telah disiapkan untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. Anda juga dapat bertanya di dalam forum tersebut. Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOC, sampaikan di dalam Pusat bantuan pembelajar.

Selamat belajar dan semoga sukses!

Skill Level: Beginner