Selamat datang di MOOC Metode Riset Digital!

Di MOOC ini anda akan belajar bagaimana merancang Metode Penelitian berbasiskan data digital yang meliputi bagaimana merancang sebuah desain penelitian, merumuskan masalah dan tujuan penelitian, teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data dan teknik analisis data. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran yaitu Bahasa Indonesia. Beberapa metode pembelajaran yang akan digunakan berupa Student Centered Learning, Collaborative Learning, dan Research Based Learning. Metode pembelajaran MOOC ini terdiri dari kombinasi sinkronus dan asinkronus dengan media penyampaian Video Pembelajaran, Kuis, atau Kuesioner, serta menggunakan platform Zoom atau Google Meet. Pastikan anda memiliki akun YouTube untuk mengunggah tugas-tugas dan mengikuti pembelajaran di MOOC ini.

Untuk memulai belajar, pelajari dulu MOOC ini dari Buku Rancangan Pengajaran. Selama pembelajaran, pelajari materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi yang diperlukan supaya Anda dapat lulus dari MOOC ini.

Buka forum diskusi yang telah disiapkan untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. Anda juga dapat bertanya di dalam forum tersebut. Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOC, sampaikan di dalam Pusat bantuan pembelajar.

Selamat belajar dan semoga sukses!

Skill Level: Advanced