Kelas Pengantar Arsitektur Interior memberikan dasar-dasar pemahaman mengenai arsitektur interior dan berbagai aspek pengetahuan esensial dalam disiplin ilmu arsitektur interior. Disiplin ilmu arsitektur interior merupakan disiplin yang berkaitan dengan ruang yang dialami manusia. Arsitektur interior juga mencakup praktik perancangan yang berdasarkan pada kondisi eksisting yang telah ada, sehingga memahami konteks menjadi penting untuk dapat melakukan perancangan yang tepat.

Ruang lingkup bahan kajian mencakup: pemahaman tentang ruang (space) sebagai elemen esensial arsitektur interior, pemahaman dasar tentang konsep interioritas (interiority) sebagai landasan berpikir arsitektur interior, pengalaman ruang manusia, pengetahuan dasar tentang metode dan proses desain, serta pemahaman tentang desain sebagai sebuah bentuk respon terhadap konteks. Materi tersebut memberikan dasar-dasar pengetahuan yang penting sebagai landasan bagi pembelajaran lebih lanjut mengenai perancangan arsitektur interior.

MOOCs ini menggunakan Bahasa Indonesia dengan moda pembelajaran bersifat asinkron dan self-paced, di mana peserta dapat menentukan secara mandiri waktu untuk melaksanakan pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran. Kegiatan pembelajaran menggunakan berbagai materi yang terdiri dari video pembelajaran, materi tertulis atau handout, latihan berupa kuis dengan self-checking, serta referensi dan tautan-tautan yang merupakan materi pengayaan dalam setiap topik bahasan

Setelah mengikuti MOOC Pengantar Arsitektur Interior, peserta diharapkan mampu:

1. Menjelaskan pengertian ruang dan interioritas sebagai konsep-konsep dasar dalam arsitektur interior

2. Menjelaskan bagaimana ruang dialami oleh manusia dan aspek-aspek ruang yang berperan dalam pengalaman ruang

3. Menjelaskan metode dan proses desain arsitektur interior yang merupakan respon terhadap konteks

Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOCs, sampaikan di dalam Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Selamat belajar dan semoga sukses!
Skill Level: Beginner