Kelas Pengantar Arsitektur memberikan pengetahuan dasar dan prinsip di dalam arsitektur, termasuk teori, hubungan antara arsitektur dan manusia, lingkungan, estetik, dan teknologi. Peserta ajar akan memperoleh pengetahuan dan informasi tentang peran arsitektur dan juga posisinya terkait dengan disiplin yang lain serta tanggung jawab arsitek di dalam masyarakat.

Ruang lingkup dan bahan kajian kelas Pengantar Arsitektur mencakup: pemahaman dasar tentang apa itu arsitektur, arsitektur dan kesejahteraan manusia, aspek-aspek sosial budaya dalam arsitektur, berpikir desain (design thinking), dan teknologi dan perancangan arsitektur

MOOCs ini menggunakan Bahasa Indonesia dengan moda pembelajaran bersifat asinkron dan self-paced, di mana peserta dapat menentukan secara mandiri waktu untuk melaksanakan pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran. Kegiatan pembelajaran menggunakan berbagai materi yang terdiri dari video pembelajaran, materi tertulis atau handout, latihan berupa kuis dengan self-checking, serta referensi dan tautan-tautan yang merupakan materi pengayaan dalam setiap topik bahasan.

Setelah melalui MOOCs Pengantar Arsitektur, peserta diharapkan mampu:

Menjelaskan definisi dasar tentang arsitektur

Menjelaskan peran arsitektur dalam mendukung kesejahteraan masyarakat

Menjelaskan aspek-aspek sosial budaya yang berkaitan dengan pembentukan dan penggunaan arsitektur

Menjelaskan hubungan antara pemikiran desain (design thinking) dengan perancangan arsitektur

Menjelaskan keterkaitan antara arsitektur dan perkembangan teknologi digital

Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOCs, sampaikan di dalam Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Selamat belajar dan semoga sukses!
Skill Level: Beginner