Halo, selamat datang di Mata Kuliah Teknologi Bangunan 1 dan selamat bergabung dengan ribuan pembelajar MOOC lainnya! Pada mata kuliah ini kita akan membahas beberapa pendekatan empiris teknologi bangunan, menelaah pengaplikasian teknologi pada keterbangunan lingkung bangun. Bahan pembahasan utama mata kuliah ini terdapat pada pemahaman pengetahuan dasar mengenai fisika bangunan dan konstruksi yang dapat menunjang praktek merancang bangunan sederhana bertingkat rendah dengan memperhatikan konteks tapak dalam bentuk dokumentasi gambar konstruksi.

Setelah mengikuti mata kuliah Teknologi Bangunan I, mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan mengenai fisika bangunan, konstruksi dan material pada rancangan bangunan sederhana bertingkat rendah dengan memperhatikan konteks tapak dalam bentuk dokumentasi gambar konstruksi.

Jumlah SKS mata kuliah ini adalah 2 SKS dan dibuka untuk jenjang S1. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 100 menit/minggu dan berlangsung selama waktu 16 pekan. MOOCs Teknologi Bangunan 1 menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia dengan moda Self-paced. Metode yang digunakan adalah asinkronus dengan menggunakan media video dan media komunikasi virtual pada platform MOOCs. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain studi literatur, studi materi video, kuis, dan diskusi forum. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah berbayar dengan biaya Rp 1.000.000,00/sks.

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Skill Level: Beginner