Iqbal Putut Ash Shidiq, M.Sc., Ph.D. 

Selamat datang di Mata Kuliah Inovasi Teknologi Geospasial di Bidang Agrikultur dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini. 

Pada mata kuliah ini kita akan menjelajahi peran teknologi geospasial dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam sektor pertanian. Peserta akan mempelajari berbagai aplikasi teknologi geospasial, seperti pemetaan tanah, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografis (SIG), serta bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk pengelolaan lahan, pemantauan pertumbuhan tanaman, dan pengambilan keputusan yang lebih tepat dalam pertanian.

Setelah mempelajari Mata Kuliah ini, diharapkan Anda mampu untuk:

  1. Memahami konsep dasar teknologi geospasial dan aplikasinya dalam pertanian.
  2. Menjelaskan berbagai jenis teknologi geospasial dan perangkat lunak yang digunakan dalam pertanian. 
  3. Menjelajahi teknik pemetaan tanah menggunakan teknologi geospasial, seperti sistem informasi geografis (SIG) dan citra satelit.
  4. Menganalisis bagaimana teknologi penginderaan jauh digunakan untuk memantau pertumbuhan tanaman dan kesehatan tanaman.
  5. Menelaah studi kasus tentang penggunaan SIG dalam pengelolaan lahan pertanian dan pengembangan strategi pertanian berbasis data.

Ini adalah MOOCs non-kredit yang bersifat terbuka. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 4 minggu. MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda SELF PACED. Metode yang digunakan adalah ASINKRONUS dengan menggunakan perangkat-perangkat lunak sederhana. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain: KULIAH INTERAKTIF, FORUM DISKUSI, dan QUIZ. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Skill Level: Beginner