Sejarah Singkat Orde Lama di Bawah Pemerintahan Soekarno

Selamat datang di mata kuliah Dinamika Hubungan Indonesia-Tiongkok Era Orde Lama (1945-1966) dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Mata Kuliah ini bertujuan memberi kemampuan kepada peserta untuk menjelaskan berbagai peristiwa sejarah dalam hubungan Indonesia-Tiongkok secara kronologis dan menganalisis dinamika hubungan Indonesia-Tiongkok pada era Orde Lama (1945-1966). Ruang lingkup yang dibahas meliputi proses terbentuknya hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok terutama setelah diproklamasikannya Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada tahun 1949, hingga berakhirnya era Orde Lama termasuk pengaruh perkembangan situasi internasional, tokoh-tokoh utama yang berperan dan posisi Kelompok Etnis Tionghoa di dalamnya. Bahasa pengantar yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah bahasa Indonesia. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk:

1. Menjelaskan dan mempertanyakan berbagai peristiwa sejarah yang berkaitan dengan hubungan Indonesia-Tiongkok pada era Orde Lama dalam pola pikir sebab-akibat.

2. Mampu mengkorelasikan/mengaitkan kronologi berbagai peristiwa sejarah yang berkaitan dengan hubungan Indonesia-Tiongkok pada era Orde Lama dalam pola pikir sebab-akibat.

3. Mahasiswa mampu menganalisis data sejarah dan mempertahankan pendapatnya tentang satu peristiwa sejarah yang berkaitan dengan hubungan Indonesia-Tiongkok pada era Orde Lama baik berlandaskan kronologi peristiwa maupun peran tokoh-tokohnya.

Mata kuliah ini bersifat nonkredit.

Target peserta adalah pelajar SLTA, mahasiswa, dan umum.

Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 7 - 9,5 JAM.

MOOCs berbahasa INDONESIA ini akan dijalankan dengan moda SELF PACED. Metode yang digunakan adalah ASINKRONUS dengan menggunakan media berupa teks dan video. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain menyimak materi video, mengerjakan kuis, dan forum diskusi. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Skill Level: Beginner