Instruktur

Evi Yulianti, Ph.D.
evi.y@cs.ui.ac.id

Pengantar

Selamat datang di mata kuliah Text Summarization Evaluation dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang beberapa metode evaluasi untuk text summarization yang meliputi human evaluation dan automatic evaluation. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk memahami cara untuk mengevaluasi kinerja dari text summarization system

Topik Pembelajaran

  • Types of evaluation in summarization
  • Human evaluation in summarization
  • Automatic evaluation in summarization: ROUGE (part 1)
  • Automatic evaluation in summarization: ROUGE (part 2)

Sub Capaian Pembelajaran

  • Peserta mampu memahami jenis-jenis evaluasi pada summarization, yang meliputi human evaluation, automatic evaluation, intrinsic evaluation, dan extrinsic evaluation
  • Peserta mampu memahami beberapa metode human evaluation pada task summarization
  • Peserta mampu memahami cara kerja dari metrik ROUGE untuk automatic evaluation pada task summarization

Informasi Umum dan Moda Pembelajaran

MOOCs ini merupakan mata kuliah non-kredit yang diberikan untuk mahasiswa S1/S2/S3 maupun umum. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 200 menit. MOOCs ini akan dijalankan dengan format self-directed learning (atau self-paced learning), sehingga Anda dapat mengatur sendiri jadwal pembelajaran Anda. Metode pembelajaran yang digunakan adalah asinkronus, dengan menggunakan media slide dan video materi pembelajaran. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia, dengan materi pembelajaran yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain: menyimak video materi, mereview slide materi, dan mengerjakan kuis mandiri. Evaluasi berupa soal kuis diberikan pada tiap pekan untuk menilai pemahaman Anda terkait materi yang diberikan.

Untuk memulai belajar, pelajari dulu kelas ini dari video sapaan instruktur dan dokumen rancangan pembelajaran. Selama pembelajaran, pelajari slide dan video materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi kuis pada tiap topik agar Anda dapat lulus dari mata kuliah ini. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, Anda dapat menghubungi instruktur melalui email evi.y@cs.ui.ac.id, menyampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Skill Level: Beginner