Selamat datang dan selamat bergabung  di Mata Kuliah 

Kromatografi Gas: Prinsip Dan Pemanfaatannya Untuk Analisis Cemaran Pada Obat dan Makanan

Obat dan makanan yang beredar di pasaran harus terjamin mutu dan keamanannya. Seringkali obat dan makanan terkontaminasi cemaran yang berasal dari bahan baku, bahan tambahan, bahan pengemas maupun saat proses produksinya. Metode analisis yang sensitif dan selektif diperlukan untuk mendeteksi adanya kontaminasi cemaran yang kadarnya cenderung sangat kecil. Kromatografi gas merupakan metode analisis yang umum digunakan untuk pemisahan dan analisis senyawa yang dapat menguap tanpa mengalami dekomposisi. Kromatografi Gas banyak dimanfaatkan untuk identifikasi maupun analisis kuantitatif cemaran  pada obat dan makanan. Materi MOOCS ini bertujuan untuk memperkenalkan cemaran yang ada pada obat dan makanan serta teknik analisisnya menggunakan kromatografi gas.

Setelah menyelesaikan MOOCS ini, diharapkan peserta mampu:

  1. Menjelaskan tentang macam-maca cemaran yang mungkin mengkontaminasi produk obat dan makanan
  2. Menjelaskan tentang prinsip kromatografi gas secara umum 
  3. Menjelaskan tentang pengujian cemaran menggunakan kromatografi gas 

Materi ini disampaikan dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. MOOCs ini dilaksanakan secara daring asinkron dengan menggunakan metode pembelajaran aktif (self-directed learningyang mengutamakan keaktifan peserta dalam proses pembelajaran (student-centered active learning)

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Course Duration in Hours: 10
Skill Level: Beginner