Selamat datang dalam matakuliah Negara-Negara Visegrad: Masyarakat, Negara dan Politik.

(Visegrad Countries: People, State & Politics.)

Matakuliah ini merupakan mata kuliah "Peminatan Hubungan Internasional Eropa" dan merupakan pemenuhan "Kompetensi Khusus" pada Program Studi Kajian Wilayah Eropa, Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG), Universitas Indonesia.

Dalam mata kuliah mahasiswa melakukan eksplorasi pengetahuan tentang negara-negara Visegrad. Mahasiswa melakukan pembahasan karakteristik 4 (empat) negara yang terletak di Eropa Tengah, yang menyebut diri mereka sebagai negara-negara Visegrad atau V4, yaitu Polandia, Hungaria, Slovakia dan Republik Ceska.

Pembahasan tentang negara-negara Visegrad dilakukan mulai dari pembahasan tentang masyarakat masing-masing negara, karakteristik masing-masing pemerintahan, hingga pembahasan tentang sistem dan kebijakan politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan-keamanan baik pada masing-masing negara V4 maupun Visegrad sebagai kawasan, serta pembahasan tentang hubungan antar negara-negara Visegrad baik secara bilateral maupun multilateral dengan negara-negara lain di dunia.

Mahasiswa juga mengeksplorasi isu-isu terkait "etnisitas" dan proses "pembangunan bangsa” pada masing-masing negara Visegrad. Pembahasan dalam mata kuliah ini dilakukan melalui pengamatan mendalam terhadap fakta-fakta dasar, sejarah, dan studi komparasi atas persamaan dan perbedaan diantara keempat negara Visegrad (V4).

Mahasiswa melakukan pendalaman analisis terkait isu-isu integrasi Visegrad ke dalam Uni Eropa dan aliansi keamanan NATO, yang titik berat analisisnya dilakukan pada pembahasan Geopolitik, Geostratejik dan Geoekonomi, berikut keterlibatan institusiinstitusi kawasan dan lintas-kawasan, dinamika sosial-budaya, serta proses pembentukan identitas baru yang muncul dan terbangun melalui hubungan negara-negara V4 dengan negara-negara Eropa lainnya.

Pada mata kuliah ini mahasiswa memetakan prospek hubungan internasional masing-masing negara Visegrad dan prospek hubungan V4 terhadap Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara dan negara-negara Asia lainnya. Mahasiswa mempelajari bagaimana keempat negara Visegrad menetapkan dan mengembangkan tujuan nasional, sekaligus mempertahankan "identitas nasional" dan "identitas Eropa".

Seluruh pengetahuan dan analisis tersebut merupakan dasar dari ketajaman mahasiswa dalam mempresentasikan secara kritis dan komprehensif, serta membuat rekomendasi strategis terkait negara-negara V4 sebagai suatu negara mandiri, maupun sebagai bagian dari kawasan, yaitu kawasan Eropa Tengah yang disebut Visegrad, dan sebagai anggota institusi supranasional Uni Eropa. Mata kuliah ini disampaikan dalam Bahasa Indonesia (oleh Dosen SKSG) dan dalam Bahasa Inggris (oleh Duta Besar negaranegara Visegrad). Metode pembelajaran dalam perkuliahan ini adalah Collaborative Learning, Case Based Learning, dan Small Group Discussion. Asesmen atau Evaluasi Hasil Pembelajaran (EHP) pada mata kuliah ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penyelenggaraan Outcome Based Education (OBE) sebagaimana ditetapkan oleh Universitas Indonesia.
Skill Level: Beginner