Pernahkah Anda merasa bahwa ada sesuatu yang “tidak pas” dalam cara kita mengajar atau merancang pembelajaran?
Bahwa ada anak-anak yang sebenarnya mampu, tapi terus-menerus tertinggal—karena cara belajar mereka berbeda?
Mungkin mereka tidak nyaman bicara di depan umum. Mungkin mereka memiliki hambatan dalam membaca, mendengar, atau melihat. Atau mungkin mereka hanya belum diberi kesempatan untuk menunjukkan potensi mereka dengan cara yang paling sesuai bagi mereka.
Di tengah keberagaman ini, kita sering bertanya:
“Bagaimana cara saya memastikan semua anak benar-benar bisa belajar—tanpa harus membuat 30 versi materi?”
Kabar baiknya: Anda tidak sendiri. Dan ya—ada caranya.
Melalui kursus ini, Anda akan diperkenalkan pada Universal Design for Learning (UDL):
Sebuah pendekatan yang tidak meminta kita untuk mengubah segalanya,
tetapi mengajak kita melangkah sedikit demi sedikit
menuju pembelajaran yang lebih fleksibel, adil, dan memberdayakan semua.
Berikut alasan mengapa kursus ini tidak seperti pelatihan daring biasa:
- Fokus pada praktik nyata, bukan hanya teori
Anda akan diajak langsung menerapkan prinsip UDL ke dalam konteks kelas Anda sendiri, bukan sekadar memahaminya di atas kertas. - Pendekatan reflektif, bukan sekadar tugas
Setiap sesi mengajak Anda berpikir tentang pengalaman mengajar Anda sendiri—bukan mengisi jawaban benar/salah saja. - Tidak menggurui, tapi menemani
Kursus ini tidak memberi “jawaban benar”, tapi membantu Anda menemukan pendekatan yang paling relevan untuk murid dan lingkungan Anda. - Bisa diikuti siapa saja, dari latar belakang apa pun
Materi kami susun untuk dosen, guru, fasilitator, dan semua pendidik—baik yang sudah familiar maupun yang baru mengenal UDL. - Dibimbing oleh praktisi berpengalaman
Kursus ini dipandu oleh Prof. Dr. Farida Kurniawati dan Astri Setiamurti dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Prof. Farida adalah sosok terkemuka dalam bidang psikologi pendidikan dan pendidikan inklusif di Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai dosen, peneliti, dan praktisi. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Program Magister Psikologi Terapan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Lulusan doktoral dari University of Groningen, Belanda, dan master dari University of Melbourne, Australia, Prof. Farida telah menghasilkan berbagai buku, artikel ilmiah, serta produk edukatif yang berfokus pada intervensi untuk anak berkebutuhan khusus dan penguatan pendidikan inklusif.
Beliau juga aktif dalam membina mahasiswa pascasarjana, menjadi narasumber nasional dan internasional, serta menjabat berbagai peran penting dalam pengembangan mutu pendidikan dan profesi psikologi. Dalam kursus ini, Anda akan belajar langsung dari seorang akademisi dan praktisi yang telah mendedikasikan kariernya untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih ramah, adil, dan aksesibel untuk semua.
Astri Setiamurti adalah profesional pendidikan dengan keahlian di bidang psikologi pendidikan, pengembangan masyarakat, dan pendidikan inklusif. Ia aktif terlibat dalam berbagai proyek kolaboratif di tingkat nasional dan internasional, termasuk pengembangan kursus daring berbasis Universal Design for Learning (UDL), pelatihan orang tua, serta penguatan pendidikan anak usia dini.
Sebagai pengembang konten dan koordinator dalam proyek-proyek strategis di Kelompok Riset Teacher and Student Effectiveness, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Astri dikenal karena kemampuannya menjembatani riset dan praktik lapangan menjadi materi pelatihan yang aplikatif. Ia juga aktif mempublikasikan hasil karyanya dalam jurnal bereputasi serta memiliki sejumlah kekayaan intelektual di bidang pendidikan dan psikologi. Dalam kursus ini, Anda akan belajar dari pendekatan yang berpijak pada konteks nyata, kolaboratif, dan solutif.
Setelah menyelesaikan kelas ini, Anda akan mampu:
✅ Memahami apa itu Universal Design for Learning (UDL) dan mengapa penting untuk pendidikan inklusif
✅ Menguraikan prinsip dan struktur UDL secara sistematis
✅ Menganalisis kebutuhan belajar yang beragam di kelas Anda
✅ Merancang strategi sederhana namun berdampak untuk meningkatkan aksesibilitas dan partisipasi
✅ Merencanakan langkah awal penerapan UDL—tanpa harus menunggu kurikulum atau sistem berubah
Lebih dari sekadar pengetahuan, Anda akan membawa pulang kerangka berpikir dan alat praktis untuk memulai perubahan nyata di kelas Anda, mulai hari ini.
Kursus ini merupakan bagian pertama dari seri UDL dan menjadi landasan untuk kursus seri UDL berikutnya yang akan membahas praktik dan strategi lanjutan.
Kelas ini terbuka untuk siapa saja. Anda tidak perlu latar belakang pendidikan tertentu. Namun, akan sangat bermanfaat jika Anda:
- Pernah atau sedang terlibat dalam kegiatan mengajar, melatih, memfasilitasi, atau mendampingi individu dalam konteks belajar
- Terbuka untuk berpikir reflektif dan mengevaluasi kembali pendekatan yang selama ini digunakan
- Ingin berkontribusi dalam menciptakan ruang belajar yang lebih adil dan aksesibel
1. Apakah saya harus menyelesaikan kursus ini dalam waktu tertentu?
Tidak. Kursus ini bersifat self-paced, artinya Anda dapat menyelesaikannya sesuai ritme belajar Anda sendiri.
2. Apakah kursus ini menyediakan sertifikat?
Ya. Sertifikat akan diberikan setelah Anda menyelesaikan seluruh bagian kursus dan memenuhi kriteria penilaian yang ditentukan.
3. Apakah ada tugas yang harus dikumpulkan?
Kursus ini berisi aktivitas reflektif dan kuis interaktif untuk memperdalam pemahaman Anda. Tidak ada tugas yang dikumpulkan, tetapi kami sangat menyarankan Anda mengikuti semua aktivitas untuk hasil belajar yang optimal.
4. Saya tidak memiliki pengalaman dengan ABK. Apakah saya tetap bisa mengikuti kursus ini?
Tentu. Kursus ini justru dirancang agar Anda bisa memahami kebutuhan peserta didik yang beragam—bahkan jika Anda belum pernah berinteraksi langsung dengan ABK.
5. Bagaimana jika saya mengalami kendala teknis saat mengakses materi?
Silakan hubungi Helpdesk LMS IDOLS UI melalui livechat di idols.ui.ac.id, Senin–Jumat, pukul 08.00–16.00 WIB.

- Teacher: Prof. Farida Kurniawati, M.Sp.Ed., Ph.D., Psikolog
- Teacher: Astri Setiamurti