Selamat datang di Mata Kuliah Kimia Fisika, dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran pembelajar semua dan berharapnya dalam komunitas di kelas ini. 

Mata kuliah Kimia Fisika adalah mata kuliah wajib di semester tiga bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Departemen Teknik Kimia, Universitas Indonesia. Pembahasan di dalam kuliah ini menyentuh segala aspek fundamental mengenai materi dalam berbagai fasa, perubahan antar fasa, dan reaksi kimia. Dalam kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang Gas, Termodinamika Kimia, Transformasi Fisika Zat Murni, Campuran, Kesetimbangan Reaksi Kimia, Kinetika Reaksi Kimia, dan Fenomena pada Permukaan. Setelah mempelajari kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip dasar, hukum dan teori yang berhubungan dengan gas, cairan, padatan, campuran, kesetimbangan dan laju reaksi dalam menyelesaikan permasalahan bidang teknik kimia.

Mata kuliah Kimia Fisika ini dibuka bagi para pembelajar, baik yang memiliki latar belakang sebagai mahasiswa Teknik Kimia, Teknik Bioproses, Kimia, Fisika, ataupun mahasiswa bidang lainnya yang memiliki antusiasme dalam memahami konsep Kimia Fisika. Pembelajaran ini menerapkan metode kuliah interaktif flipped learning. Bahasa pengantar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah Bahasa Indonesia.

Untuk memulai belajar, silakan melihat terlebih dahulu Buku Rancangan Pengajaran. Kelas dilaksanakan secara instructor-led, dengan UTS dan UAS pada waktu yang telah ditentukan. Selama pembelajaran, pelajari materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi yang diperlukan supaya Anda dapat lulus dari mata kuliah ini. 

Forum diskusi telah disediakan untuk memfasilitasi diskusi bersama rekan pembelajar lainnya. Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOCs, sampaikan di dalam Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Selamat belajar dan semoga sukses!

Riwayat pendidikan dosen pengampu:

  1. Habiburrahman, S.Si., M.Sc., Ph.D.
    • menamatkan kuliah sarjana di Institut Teknologi Bandung tahun 2011,
    • menyelesaikan studi magister pada tahun 2013 di tiga universitas berbeda, yaitu di Rijksuniversiteit Groningen, The Netherlands, Università degli Studi di Perugia, Italy, dan Université Paul Sabatier, Toulouse III, France, dan
    • pada tahun 2018, berhasil mempertahankan disertasi doktoral di Universiteit Twente, The Netherlands. 
  2. Rahma Muthia, S.T., M.Sc., Ph.D.
    • menamatkan kuliah sarjana di Universitas Indonesia tahun 2011,
    • menyelesaikan studi magister pada tahun 2014 di Universiteit Twente, The Netherlands, dan
    • pada tahun 2020, berhasil mempertahankan disertasi doktoral di The University of Manchester, United Kingdom.
Skill Level: Beginner