Nama M.K : Perencanaan dan Evaluasi Program Gizi
Kode : PHG1602166
SKS : 2 SKS
Semester : 5
Proses belajar : Pembelajaran dengan sistem blok selama kurang lebih 3 minggu.
Prasyarat : Minimal diambil oleh mahasiswa semester 5
PJ M.K : Dr.Ir. Asih Setiarini, M.Sc
Tim pengajar : Dr.Ir. Diah M. Utari, M.Kes
Wahyu Kurnia Yusrin Putra, SKM, M.KM
Bahasa pengantar : bahasa Indonesia
Pembelajaran dilakukan secara asinkronus. Metode pembelajaran berupa kuliah umum, tutorial dalam kelas kecil, praktikum, dan pleno menyajikan jawaban skenario dalam kelas besar. Perkuliahan dilaksanakan secara asinkronus (melalui Idols).
Deskripsi Mata Kuliah
Masalah gizi di Indonesia saat ini masih tergolong tinggi dan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, baik itu masalah gizi kurang maupun gizi lebih. Oleh karena itu, sarjana gizi harus mempunyai kompetensi dalam merencanakan program gizi sekaligus mengevaluasinya. Ketidaktepatan perencanaan dan evaluasi akan menyebabkan program menjadi tidak maksimal dilakukan di masyarakat sehingga tidak dapat menurunkan masalah gizi di masyarakat secara nyata.
Di dalam mata kuliah ini mahasiswa akan dikenalkan dengan proses perencanaan program gizi di masyarakat dan proses analisis intervensi program yang sedang berlangsung. Mahasiswa akan dikenalkan dengan langkah-langkah perencanaan mulai dari mengidentifikasi masalah hingga menetapkan tujuan dari program yang akan dijalankan dan menentukan prioritas program. Selain itu mahasiswa juga akan dibekali kemampuan untuk mengevaluasi keberhasilan program.
Mahasiswa diberikan skenario soal tentang masalah gizi dan diminta untuk membuat intervensi program yang akan dilakukan secara detil serta bagaimana cara mengevaluasinya. Di akhir kuliah diharapkan mahasiswa mampu membuat perencanaan dan evaluasi masalah gizi secara riel.
Kode : PHG1602166
SKS : 2 SKS
Semester : 5
Proses belajar : Pembelajaran dengan sistem blok selama kurang lebih 3 minggu.
Prasyarat : Minimal diambil oleh mahasiswa semester 5
PJ M.K : Dr.Ir. Asih Setiarini, M.Sc
Tim pengajar : Dr.Ir. Diah M. Utari, M.Kes
Wahyu Kurnia Yusrin Putra, SKM, M.KM
Bahasa pengantar : bahasa Indonesia
Pembelajaran dilakukan secara asinkronus. Metode pembelajaran berupa kuliah umum, tutorial dalam kelas kecil, praktikum, dan pleno menyajikan jawaban skenario dalam kelas besar. Perkuliahan dilaksanakan secara asinkronus (melalui Idols).
Deskripsi Mata Kuliah
Masalah gizi di Indonesia saat ini masih tergolong tinggi dan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, baik itu masalah gizi kurang maupun gizi lebih. Oleh karena itu, sarjana gizi harus mempunyai kompetensi dalam merencanakan program gizi sekaligus mengevaluasinya. Ketidaktepatan perencanaan dan evaluasi akan menyebabkan program menjadi tidak maksimal dilakukan di masyarakat sehingga tidak dapat menurunkan masalah gizi di masyarakat secara nyata.
Di dalam mata kuliah ini mahasiswa akan dikenalkan dengan proses perencanaan program gizi di masyarakat dan proses analisis intervensi program yang sedang berlangsung. Mahasiswa akan dikenalkan dengan langkah-langkah perencanaan mulai dari mengidentifikasi masalah hingga menetapkan tujuan dari program yang akan dijalankan dan menentukan prioritas program. Selain itu mahasiswa juga akan dibekali kemampuan untuk mengevaluasi keberhasilan program.
Mahasiswa diberikan skenario soal tentang masalah gizi dan diminta untuk membuat intervensi program yang akan dilakukan secara detil serta bagaimana cara mengevaluasinya. Di akhir kuliah diharapkan mahasiswa mampu membuat perencanaan dan evaluasi masalah gizi secara riel.
- Teacher: Asih Setiarini
- Teacher: Michael Wiranata Wong
Skill Level: Beginner