Selamat datang di Mata Kuliah Farmakologi Dasar (MOOC000054) dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya.  Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan mengharapkan partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini.

Mata Kuliah Farmakologi Dasar merupakan suatu mata kuliah yang mempelajari prinsip dasar farmakologi dalam penggunaan dan pengembangan obat. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan Anda mampu mampu menjelaskan prinsip mekanisme kerja obat dan pengaruhnya terhadap tubuh manusia.

Mata Kuliah ini berjumlah 2 SKS dan diberikan untuk jenjang S1. Moda pembelajaran dilakukan melalui self-paced learning, yaitu pembelajar menentukan kecepatan pembelajarannya sendiri serta jadwal pembelajaran bersifat fleksibel dengan tetap mengacu pada batas awal dan akhir kalender akademik MOOCs. Metoda pembelajaran untuk mata kuliah ini dilakukan secara asinkronus dengan periode pembelajaran yaitu selama 16 minggu, yang dapat diakses melalui media Learning Management System (LMS) MOOCs UI (idols.ui.ac.id) secara gratis.

Pada mata kuliah ini, akan dipelajari prinsip-prinsip farmakologi dan terapi obat, farmakokinetika, farmakodinamika, penentuan rute dan dosis obat, target obat, toksikologi dan detoksifikasi, serta pengembangan obat. Selain itu, mahasiswa juga mempelajari tentang obat saraf otonom, autokoid, hematopoietik, obat mata dan obat kulit. Aktivitas yang dilakukan yaitu dengan menonton video terkait materi-materi yang dipelajari, adanya kuis, mempelajari pertanyaan pemicu yang telah disediakan serta evaluasi berupa ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Forum diskusi juga telah disediakan untuk memfasilitasi para pembelajar dalam melakukan diskusi. Bahasa yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia.

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.
Skill Level: Beginner