Informasi Umum
Kode MK: MOOC000001

Semester: Gasal
Jumlah SKS: 3
Dosen pengampu:
1. Afiatry Putrika (a.putrika@sci.ui.ac.id)
2. Niarsi Merry Hemelda, M.Si (merry.hemelda@sci.ui.ac.id)
3. Saifudin, M.Si (saifudin@sci.ui.ac.id)
4. Dr. Andi Salamah (salamah@sci.ui.ac.id)

Deskripsi mata kuliah:
Mata Kuliah ini merupakan kelanjutan dari kuliah struktur tumbuhan, yang akan mencakup pembelajaran mengenai biodiversitas tumbuhan, evolusi tumbuhan, tingkatan keragaman di dalam kelompok tumbuhan, keanekaragaman jenis tumbuhan, dan upaya-upaya konservasi tumbuhan. Adapun prasyarat untuk mengambil mata kuliah ini adalah Struktur Tumbuhan. Bahasa pengantar menggunakan Bahasa Indonesia. Metode pembelajaran menggunakan student active learning berupa diskusi kelompok, flip class learning, dan research based learning. Sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Departemen Biologi FMIPA UI, melalui mata kuliah ini, peserta diharapkan mampu menerapkan keilmuan biologi terutama dalam aspek konservasi dan prospeksi biodiversitas dengan mematuhi etika dan norma serta menunjukkan profesionalisme dalam bidang biologi yang bermanfaat bagi masyarakat di masa yang akan datang.

Jenjang: S1
Estimasi waktu pembelajaran: 3x170 menit per pekan
Lama perkuliahan: 16 pekan (2 pekan UTS dan UAS)
Moda MOOCs --> Instructor led:
a) Dosen mengendalikan alur dan jadwal pembelajaran,
b) Jadwal pembelajaran baku, sesuai dengan kalender akademik yang berlaku dan tenggat waktu aktivitas belajar yang baku (fixed date),
c) Dosen dapat mengatur waktu ketersediaan materi atau aktivitas; bahan dapat diakses dari awal hingga selesai sesi pembelajaran atau dijadwalkan untuk disajikan sesuai urutan tertentu

Biaya MOOCs: Gratis

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
Mahasiswa mampu secara sistematis dan tepat mengaitkan keanekaragaman dengan trend evolusi tumbuhan berdasarkan prinsip-prinsip evolusi yang akan menjadi dasar pertimbangan untuk konservasi tumbuhan (C4, A4)

Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK):
1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar evolusi tumbuhan dan latar belakang klasifikasi tumbuhan (C2, A2)
2. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan keterkaitan antara keragaman genetik, jenis dan ekosistem pada kelompok tumbuhan sehingga memunculkan variasi pada tumbuhan (C2, A2)
3. Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3)
4. Mahasiswa mampu memilih metode assessment yang sesuai untuk mengukur keanekaragaman tumbuhan (C4, A3)
5. Mahasiswa mampu menelaah permasalahan yang menyangkut keanekaragaman tumbuhan sebagai dasar pertimbangan untuk konservasi tumbuhan dan bioprospeksi (C4, A4)
Skill Level: Beginner