Stratifikasi, Mobilitas dan Kebijakan Sosial (MOOC000061)

Prof. Iwan Gardono Sujatmiko, Ph.D

Dr. Indera Ratna Irawati Pattinasarany, MA

iwan.gardono09@ui.ac.id indera.pattinasarany@ui.ac.id

Selamat datang para peserta Mata Kuliah Stratifikasi, Mobilitas dan Kebijakan Sosial. 

Stratifikasi dan mobilitas sosial terkait dengan hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi, sosial, dan politik. Maka, pemahaman tentang dinamika yang terjadi pada stratifikasi sosial membantu kita untuk memahami beragam perubahan dalam masyarakat. Stratifikasi sosial merupakan konsep kunci dalam sosiologi yang mempengaruhi proses politik (demokratisasi), pertumbuhan dan keadilan ekonomi, kesempatan hidup, gaya hidup, perkembangan masyarakat informasi, dan sebagainya. 

Melalui mata kuliah ini, anda mempelajari pemikiran teori, metode, dan kondisi empiris masa kini dan lalu (sejarah) tentang stratifikasi, mobilitas dan kebijakan sosial. Anda juga mempelajari konfigurasi dan dinamika sosial yang terjadi di lapisan atas, tengah dan bawah masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat digital Indonesia.  Selain itu, akan dipelajari  analisis kuantitatif, seperti survey, yang menunjukkan tingkat dan variasi mobilitas vertikal sosial, analisis kualitatif, berupa penelitian kualitatif dan konstruksi realitas sosial  dalam bentuk karya film dan novel. Pembahasan juga akan mencakup kebijakan-kebijakan sosial di Indonesia terkait dengan kesempatan mobilitas sosial vertikal naik. 

Setelah mengikuti mata kuliah ini, anda diharapkan mampu, pertama, menelaah teori-teori stratifikasi, mobilitas dan kebijakan sosial. Kedua, mengilustrasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang digunakan dalam penelitian-penelitian stratifikasi sosial dan mobilitas sosial. Ketiga, menganalisis secara kritis realitas dinamika stratifikasi dan mobilitas sosial masyarakat Indonesia pada kelas elit, tengah dan bawah, serta masyarakat di era digital. Keempat, mengkritisi serta memberikan rekomendasi kebijakan-kebijakan publik Indonesia dalam usaha untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih setara. Kelima, menyusun makalah ilmiah dengan topik stratifikasi, mobilitas dan kebijakan sosial. 


Skill Level: Beginner