Dosen Koordinator : Dr. Yasmine Nasution, S.E., M.App.Comm. [yasmine73@ui.ac.id] Melalui mata kuliah/modul ini, Anda akan mempelajari penguasaan yang baik atas prinsip-prinsip dasar manajemen stratejik sangat dibutuhkan oleh pimpinan perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan memenangkan persaingan. Mata kuliah ini akan membahas berbagai perspektif dan metode analisa yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan implementasi strategi, berawal dari penentuan tujuan perusahaan, identifikasi pengaruh lingkungan eksternal, pengembangan sumber daya internal, hingga menentukan strategi yang sesuai. Pembahasan manajemen stratejik merupakan integrasi dari berbagai fungsi manajemen (pemasaran, keuangan, operasi, teknologi, sumber daya manusia, dll) yang bertujuan agar perusahaan mendapat keunggulan kompetitif yang berkesinambungan dan menjaga keseimbangan antar berbagai kepentingan yang dihadapi perusahaan. Jumlah SKS dari mata kuliah ini adalah 3 SKS dan modul ini ditujukan untuk jenjang Strata 2 (S2). Dengan estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini selama 35 jam (150 menit dari 14 pertemuan). MOOCs ini akan dijalankan dengan moda Instructor-Led serta tidak akan berbayar (gratis). Setelah mengikuti mata kuliah/modul Anda akan mampu berpikir strategis menggunakan berbagai teori manajemen stratejik dan praktek terbaik dari berbagai perusahaan sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisa dan memberikan usulan strategi bagi perusahaan untuk dapat mempertahankan keunggulan kompetitif. Anda juga akan mampu menjelaskan: 1. Konsep dasar manajemen stratejik dan keunggulan kompetitif. 2. Pentingnya bagi perusahaan memiliki arah dan tujuan yang jelas. 3. Faktor-faktor eksternal perusahaan dan menganalisa pengaruhnya bagi perusahaan. 4. Faktor sumber daya dan kapabilitas perusahaan dan menganalisa pengaruhnya bagi perusahaan. 5. Alternatif strategi bisnis yang dapat diambil perusahaan sesuai tujuan, analisa faktor eksternal dan faktor internal. 6. Langkah strategis perusahaan untuk menguatkan posisi kompetitif perusahaan. 7. Konsep model bisnis dan pengaruhnya terhadap keunggulan kompetitif perusahaan. 8. Alternatif strategi yang dapat diambil perusahaan dalam menghadapi persaingan di tingkat internasional. 9. Alternatif strategi korporasi yang dapat diambil perusahaan. 10. Faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan perusahaan seperti etika bisnis dan governance. 11. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi strategi. 12. Peran budaya dan kepemimpinan dalam keberhasilan perusahaan menghadapi persaingan. 13. Strategi perusahaan dalam menghadapi isu terkini.
Skill Level: Beginner