Pada mata kuliah ini akan dipelajari dasar-dasar dalam pembelajaran mesin dan area aplikasinya. Pada akhir kuliah ini, mahasiswa akan mampu mengimplementasikan sistem berbasis pembelajaran mesin untuk memecahkan permasalahan sederhana (C4). Selain mempelajari teori dan formula dalam kecerdasan buatan, pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar menggunakan teknologi Google Colaboratory untuk melakukan pemrograman dalam bahasa Python, dan library Scikit-Learn untuk pembelajaran mesin

Ruang lingkup bahan kajian dalam kuliah ini adalah beberapa metode pembelajaran mesin sederhana yaitu regresi, clustering, dan klasifikasi. Mahasiswa akan mempelajari pengenalan machine learning dan artificial intelligence, regresi, clustering, dan classifier non-ANN. Bahasa pengantar kuliah ini adalah Bahasa Indonesia. 

Metode pembelajaran MOOCS yang akan digunakan adalah self-paced learning dengan mempelajari materi berupa video pembelajaran dan handout yang yang diberikan, serta latihan pemrograman. MOOCS ini dirancang untuk 3 kali pertemuan dengan estimasi pembelajaran per pekan adalah 150 menit. Media teknologi yang akan digunakan adalah IDOLS, Python dan Google Colaboratory untuk pemrograman. Moda pembelajaran yang akan dilakukan daring asinkron. 

Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia

Dosen:
Dr. Prima Dewi Purnamasari (prima.dp@ui.ac.id)

Biaya:
Rp. 0

Course Duration in Hours: 8.5
Skill Level: Beginner