prifile

Prof. Dr. Ir. Wahyu Nirbito, MSME.

bito@eng.ui.ac.id

Estimasi waktu pembelajaran: 10 Jam, Self paced

Selamat datang di Mata Kuliah Dinamika Teknik dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini. 

Untuk memulai belajar, pelajari dulu kelas ini dari Buku Rancangan Pengajaran. Selama pembelajaran, pelajari materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi yang diperlukan supaya Anda dapat lulus dari mata kuliah ini. 

Buka forum diskusi yang telah disiapkan untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. Anda juga dapat bertanya di dalam forum tersebut. Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOCs, sampaikan di dalam Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan membantu mahasiswa memahami aspek gerak hingga energi dari sistem mekanikal yang bergerak. Diharapkan setelah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa menerapkan konsep-konsep Dinamika dan menerapkannya pada persoalan-persoalan yang melibatkan sistem mekanikal yang bergerak. Metode pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah project-based learning dengan memanfaatkan media idols, Zoom atau MS Teams, baik secara sinkron maupun asinkron. Bahasa yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia.

Instruksi Perkuliahan

Buka forum diskusi yang telah disiapkan untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. Anda juga dapat bertanya di dalam forum tersebut. Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOC, sampaikan di dalam Pusat bantuan pembelajar.

Perkuliahan Kinematika dan Dinamika 1 terbagi dalam 5 pekan. Silakan mengikuti perkuliahan sesuai dengan pekan yang telah ditentukan secara berurutan. Hal ini disebabkan karena setiap perkuliahan akan memberikan pengetahuan untuk digunakan di pertemuan berikutnya. 

Silakan disimak video yang telah disertakan di setiap pekannya, kemudian dikerjakan quiz yang sudah diberikan setiap pekannya, dan dikumpulkan dalam pekan yang sama.

Apabila ada pertanyaan atau kesulitan, silakan didiskusikan di forum diskusi yang sudah disediakan di setiap pekannya. 

Selamat belajar dan semoga sukses!

Course Duration in Hours: 100
Skill Level: Beginner