Selamat datang di mata kuliah Pengantar Administrasi Sistem Operasi Linux (MOOC000289) dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. 

PENGANTAR ADMINISTRASI SISTEM OPERASI LINUX - BIAYA Rp. 1.500.000,- (FULL COURSE)

Mata kuliah ini berfokus pada konsep Linux dasar dan tugas-tugas inti dari suatu sistem operasi. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menerapkan konsep baris perintah (command-line) dan alat perangkat lunak untuk level perusahaan (entreprise-level tools), serta mempersiapkan mahasiwa dengan kompetensi sebagai administrator sistem Linux. Pada Mata Kuliah ini, mahasiswa akan dibekali dengan komptensi terkait administrasi sistem operasi Linux: Pengenalan baris perintah, Mengelola penyimpanan fisik, Menginstal dan mengonfigurasi komponen dan layanan perangkat lunak, Membuat koneksi jaringan dan mengontrol pembatasan firewall, Memantau dan mengelola proses yang berjalan, Mengelola dan mengamankan file dan sistem file,  Mengelola pengguna dan grup, Meninjau file log sistem dan jurnal untuk masalah, Mengelola sistem dari jarak jauh dengan SSH dan Konsol Web.

Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk mengimplementasikan pengelolaan dan administrasi sistem operasi Linux, termasuk kompetensi sebagai berikut ini: 

  1. Mampu mengimplementasi baris perintah pada sistem operasi Linux (C3)
  2. Mampu menerapkan pengaturan sistem jarak jauh menggunakan SSH (C3)
  3. Mampu menerapakan pengelolaan user dan group (C3)

Jumlah SKS mata kuliah ini adalah 3 SKS dan diberikan untuk semua jenjang (S1/S2/S3 atau pun NON JENJANG). Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 16 PEKAN dan setiap pekan terdiri dari 3 JAM PELAJARAN dengan total 48 JP.

MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda INSTRUCTOR LED. Metode yang digunakan adalah BLENDED dengan menggunakan IDOLS untuk sesi asinkron dan ZOOM untuk sesi sinkron. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain pemaparan materi melalui PDF/PPT dan VIDEO, demonstrasi secara langsung dan tugas hands-on lab pada mesin virtual.

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Selamat belajar dan semoga sukses,

Yan Maraden (maradens@ui.ac.id)

Course Duration in Hours: 48
Skill Level: Beginner