Selamat datang di Mata Kuliah Metode Pemulusan (Smoothing) untuk Peramalan Runtun Waktu Keuangan dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini. Mata Kuliah ini akan mempelajari tentang perspektif dan konsep dasar peramalan, karakteristik dan pola data runtun waktu dan metode pemulusan seperti metode moving average smoothing, exponential smoothing, Holt’s Linear Trend dan Holt-Winters. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu memilih metode smoothing untuk peramalan runtun waktu di bidang keuangan.

Mata kuliah ini diberikan untuk jenjang S1/NON JENJANG. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 2 jam/minggu selama 5 minggu. MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda self-paced. Metode yang digunakan adalah asinkronus dengan menggunakan video dan modul. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain membaca modul, menyimak video, mengerjakan quiz dan project. 

Untuk memulai belajar, pelajari dulu kelas ini dari dokumen Rancangan Pengajaran. Selama pembelajaran, pelajari materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi yang diperlukan supaya Anda dapat lulus dari mata kuliah ini. 

Jika Anda mengalami kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan di dalam Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Selamat belajar dan semoga sukses!

Course Duration in Hours: 10
Skill Level: Beginner