Selamat datang di mata kuliah Geologi Dasar dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang sejarah terbentuknya bumi, interior bumi, pembentukan mineral dan batuan, jenis-jenis mineral dan batuan, proses endogen dan eksogen bumi, potensi bencana geologi dan mitigasinya (erupsi gunungapi, banjir, gempa bumi, dll.), waktu geologi dan sejarah geologi. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk menjelaskan proses-proses yang terjadi di bumi, mengelompokkan jenis-jenis mineral dan batuan, Mengidentifikasi fenomena geologi dan potensi permasalahannya baik di dalam bidang kebencanaan dan lingkungan, termasuk mengenali bagaimana mitigasinya dan responnya secara umum, mampu menjelaskan potensi sumber daya alam yang ada akibat dari fenomena geologi.

Mata kuliah Geologi Dasar merupakan kuliah non-kredit dan diberikan untuk umum (Non-Jenjang). Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 400 menit. MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda self paced. Metode yang digunakan adalah asinkronous dengan menggunakan idols dan link YouTube. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain menonton video, kuis interaktif, dan pembelajaran interaktif. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Skill Level: Beginner