Selamat datang di mata kuliah "Fundamental of Matrix Factorization for Recommendations" dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang task definition dari recommender systems dan bagaimana Factorization Models dapat digunakan untuk menyelesaikan task tersebut. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda:

  • mampu untuk menjelaskan konsep dasar dari recommender systems;
  • mampu untuk menjelaskan kegunaan Singular Value Decomposition dalam konteks recommender system; dan
  • mampu mengimplementasikan Basic Factorization Models dengan tools Python

Kuliah ini bersifat Gratis. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs Non-Kredit ini adalah 10 - 15 Jam. MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda Self-Paced. Metode yang digunakan adalah asinkronus dengan menggunakan slide-slide kuliah yang diberikan serta Video penjelasan dari slide-slide tersebut. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain menyaksikan kuliah online melalui video dan juga mengerjakan kuis auto-graded. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Course Duration in Hours: 15
Skill Level: Intermediate