Instruktur

Evi Yulianti, Ph.D.
evi.y@cs.ui.ac.id

Pengantar

Selamat datang di Mata Kuliah Text Summarization Using Unsupervised Methods (Kode: MOOC000357) dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini. Mata Kuliah ini akan mempelajari tentang salah satu task pada bidang Natural Language Processing (NLP), yakni Text Summarization, yang akan diimplementasikan dengan menggunakan metode unsupervised. Setelah mempelajari Mata Kuliah ini, Anda diharapkan mampu untuk memahami konsep dasar dari text summarization dan memahami cara kerja dari beberapa metode unsupervised untuk text summarization

Topik Pembelajaran

  • Intro to Text Summarization
  • Unsupervised Summarization Methods: LEAD, TF-IDF, SumBasic
  • Unsupervised Summarization Methods: TextRank

Sub Capaian Pembelajaran

  • Peserta mampu memahami definisi, penerapan, dan jenis-jenis dari text summarization
  • Peserta mampu memahami cara kerja dari metode unsupervised LEAD, TF-IDF, SumBasic, dan TextRank untuk text summarization

Informasi Umum dan Moda Pembelajaran

MOOCs ini merupakan mata kuliah non-kredit yang diberikan untuk mahasiswa S1/S2/S3 maupun umum. Tidak ada biaya yang diperlukan untuk mengakses MOOCs ini (gratis). Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 3 pekan. MOOCs ini akan dijalankan dengan format self-directed learning (atau self-paced learning), sehingga Anda dapat mengatur sendiri jadwal pembelajaran Anda. Metode pembelajaran yang digunakan adalah asinkronus, dengan menggunakan media slide dan video materi pembelajaran. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia, dengan materi pembelajaran yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Evaluasi berupa soal kuis diberikan pada tiap pekan untuk menilai pemahaman Anda terkait materi yang diberikan.

Untuk memulai belajar, pelajari dulu kelas ini dari video sapaan instruktur dan dokumen rancangan pembelajaran. Selama pembelajaran, pelajari slide dan video materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi kuis yang diperlukan agar Anda dapat lulus dari mata kuliah ini. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, silakan menghubungi instruktur melalui email evi.y@cs.ui.ac.id atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Selamat belajar dan semoga sukses!

Skill Level: Beginner