Selamat datang di mata kuliah Manajemen Perpajakan dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang Manajemen Perpajakan yaitu terkait perencanaan pajak, bagaimana mengadministrasikan, mengendalikan dan merekonsiliasi berbagai jenis pajak serta upaya meminta penegasan atas perencanaan pajak yang akan dilakukan. Pembahasan mata ajar Manajemen Pajak meliputi PPh Badan, PPh Pasal 21, Withholding Tax dan Pajak Pertambahan Nilai dengan fokus utamanya adalah PPh Badan. Mata ajar Manajemen Pajak ini dirancang tidak hanya untuk transaksi domestik saja tetapi juga untuk transaksi lintas batas negara (cross-border transactions) baik atas inbound investment maupun atas outbound investment yang banyak dilakukan oleh perusahaan multinasional (MNE). Pada MOOCs Manajemen Pajak Non Kredit ini, terdapat 4 topik yang akan dibahas, yaitu: 1) Dasar-dasar Manajemen Pajak; 2) Manajemen Pajak terkait Pemilihan Bentuk Usaha; 3) Manajemen Pajak terkait Pemilihan Pendanaan; 4) Manajemen Pajak terkait PPN. Setelah mengikuti MOOCs ini diharapkan Anda mampu untuk menganalisis isu perencanaan pajak, penghindaran pajak, dan tax evasion, serta dampaknya terhadap proses pengambilan keputusan baik yang terkait dengan transaksi domestik dan internasional. 

Jumlah sesi pada MOOCs Manajemen Perpajakan bernon kredit ini adalah 4 sesi. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah sekitar 10-15 jam. MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda SELF PACED. Metode yang digunakan adalah ASINKRONUS dengan menggunakan platform IDOLs ini. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain video pembelajaran, kasus dan kuis. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Course Duration in Hours: 20
Skill Level: Intermediate