Selamat datang di Mata Kuliah ilmu Filsafat Untuk Agama  dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini.

Di  dalam kuliah ini  anda akan diajarkan bahwa, Agama membutuhkan ilmu filsafat agar terjadi sinergi antara dimensi religiositas dan rasionalitas. Agama dibutuhkan oleh manusia  sebagai mahluk kultural dan sekaligus sosial untuk mencakapkan dimensi spiritualitasnya, sedangkan filsafat diperlukan agar agama tidak melulu menjadi dogma yang membelenggu lewat institusi, tanpa refleksi.

Ruang lingkup kajian dalam kuliah ini  adalah 1) Pengertian Agama, Filsafat dan Kaitan antar keduanya,; b)  Manusia Mahluk yang Multidimensional sekaligus Paradoksal; c) Percaya Kepada Tuhan sebagai  Pilihan Eksistensial bagi Manusia.  Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran ini  adalah Bahasa Indonesia.  Media teknologi yang akan digunakan adalah media digital.  Moda pembelajarannya adalah asinkron/self-paced/self-directed.

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta diharapkkan dapat menjelaskan pentingnya ilmu filsafat bagi agama, relasi agama dengan filsafat, manusia sebagai  mahluk yang multidimensional sekaligus paradoksal; dan Percaya Kepada Tuhan sebagai  pilihan eksistensial bagi manusia.  Kuliah ini terdiri dari 3 sesi, dan setiap sesi membutuhkan waktu 150 menit. Untuk memulai belajar, pelajari dulu kelas ini dari dokumen Rancangan Pengajaran. Selama pembelajaran, pelajari materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi yang diperlukan supaya Anda dapat lulus dari mata kuliah ini. Buka forum diskusi yang telah disiapkan untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. Anda juga dapat bertanya di dalam forum tersebut. Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOCs, sampaikan di dalam Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat

Selamat belajar dan semoga sukses!

Skill Level: Beginner