Halo rekan mahasiswa!

Selamat datang di kelas Pengantar Metode Penelitian Administrasi (PMPA). Kami senang sekali kalian bergabung ke dalam kelas ini dan menantikan partisipasi rekan-rekan di komunitas pembelajaran ini. Kelas PMPA ini merupakan kelas program MOOCs Non Credit yang terbuka untuk umum. Dengan demikian, untuk mengikuti kelas ini tidak dipungut biaya. 

Ada 3 topik yang akan disajikan dalam kelas ini, dengan durasi masing-masing topik adalah 90 menit untuk penyelesaiannya. Maka, untuk menyelesaikan 3 topik akan dibutuhkan sekitar 3 x 90 menit. 

Kamu adalah seorang mahasiswa yang baru memulai untuk mempelajari metode penelitian sosial (khususnya bidang ilmu administrasi)? atau sedang memulai untuk mengerjakan karya ilmiah (skripsi)? Silakan bergabung dalam kelas ini agar kamu dapat mempelajari sebagian pengetahuan dasar tentang metode penelitian. Kelas ini tepat untuk diambil oleh mahasiswa program Sarjana.  

Kelas ini terdiri dari 3 topik menarik, yaitu:

1. Hakikat Dasar Ilmu Pengetahuan
2. Teknik Penarikan Sampel
3. Instrumen Penelitian Kuantitatif: Kuesioner

Setelah menyelesaikan materi dalam kelas ini, diharapkan rekan mahasiswa akan mampu:

  1. Memahami hakikat dasar ilmu pengetahuan
  2. Membedakan teknik penarikan sampel dalam penelitian sosial
  3. Menyusun instrumen penelitian kuantitatif berupa kuesioner

Bahasa yang digunakan dalam penyajian materi PMPA ini adalah bahasa Indonesia. Perkuliahan akan dilakukan sepenuhnya dengan metode asinkronus menggunakan teknik  Student Center Active Learning (SCAL) dengan mode Self-Paced. Serangkaian pertanyaan yang disajikan dalam kuis atau tes formatif dan latihan studi kasus akan disajikan untuk membantu peserta mendalami pemahaman materi. 

Untuk menyelesaikan perkuliahan ini, rekan mahasiswa diwajibkan menonton video pembelajaran dan mengerjakan semua kuis atau latihan yang disajikan per topik. Bacalah materi pembelajaran yang disediakan, selesaikan tes formatif, dan berpartisipasi dalam diskusi yang disediakan di setiap topiknya. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan di dalam forum diskusi. 

Setelah meneyelesaikan seluruh proses pembelajaran dan penilaian dalam kelas ini, seluruh peserta diharapkan akan mampu memahami pengetahuan dasar yang dapat menarik minat lebih jauh terhadap materi metode penelitian sosial (administrasi). Materi singkat yang disajikan dalam kelas ini akan disajikan secara menarik dan inspiratif. Partisipasi aktif rekan mahasiswa sebagai peserta menjadi faktor penting dari keberhasilan program pembelajaran. 

Jika rekan mahasiswa memiliki pertanyaan teknis terkait sistem MOOCs, silakan menghubungi Pusat Bantuan Pembelajar atau Helpdesk melalui live chat di idols.ui.ac.id pada jam kerja dari hari Senin hingga Jumat Pkl. 08.30-17.00 WIB.

Skill Level: Beginner