Nama MOOCs: Manajemen Strategis Pemasaran Rumah Sakit
Dosen Pengampu:
1. Dr. dra. Dumilah Ayuningtyas, MARS (email: dumilah@gmail.com)
2. Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS (email: wahyufphui@gmail.com)
Deskripsi MOOCs: Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa di Program Studi Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit mampu merancang strategi dalam manajemen pemasaran di organisasi pelayanan kesehatan dan rumah sakit, serta melakukan
strategi pemasaran dengan berbagai pendekatan. Perkuliahan diselenggarakan dalam 16 kali pertemuan dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
Kode: PHS1804034
SKS: 3 sks
Jenjang: S2
Estimasi waktu pembelajaran: -
Moda MOOCs: Self-paced
Capaian Pembelajaran:
CPMK
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis Perencanaan Strategik dan manajemen pemasaran di OPK RS (C4).
Sub-CPMK
1. Mahasiswa mampu menjelaskan visi misi dan analisis situasi (C2)
2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses
penetapan posisi dan strategi (C2)
3. Mahasiswa mampu menjelaskan tahap pencocokan faktor internal dan eksternal (C2)
4. Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menyusun renstra (C4)
5. Mahasiswa mampu menganalisis peluang pasar (C3)
6. Mahasiswa mampu menganalisis Segmentasi, Targeting, Positioning dan Marketing Mix (C3)
7. Mahasiswa mampu melakukan penyusunan Strategi Layanan, Akses, tarif dan promosi RS (C4)
8. Mahasiswa mampu melakukan penyusunan Rencana
Strategi pemasaran RS (C4)