Enrolment options

Selamat datang di mata kuliah PENGANTAR KEARSIPAN ELEKTRONIK dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang konsep dasar, pentingnya kearsipan elektronik dalam era digital, hingga aplikasi praktis pengelolaan dan preservasi arsip elektronik sesuai dengan SKKNI Administrasi Profesional Nomor 183 Tahun 2016 dan SKKNI Kearsipan Nomor 39 Tahun 2019.

Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk:

  1. Menjelaskan konsep dasar kearsipan elektronik dan pentingnya dalam era informasi saat ini.
  2. Mengidentifikasi standar dan regulasi yang relevan dengan pengelolaan arsip elektronik, termasuk SKKNI.
  3. Mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar siklus hidup arsip elektronik, termasuk tahapan utamanya dari penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, hingga penyusutan.
  4. Menggunakan perangkat dan teknologi terkini dalam pengelolaan arsip elektronik.
  5. Mengenal aspek keamanan, privasi, dan etika dalam pengelolaan arsip elektronik.

Jumlah SKS kursus ini adalah 3 SKS dan diberikan untuk jenjang SMK/SMA/D3/S1/S2/S3/NON JENJANG. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 16 MINGGU. MOOCs berbahasa INDONESIA ini akan dijalankan dengan moda SELF PACED. Metode yang digunakan adalah BLENDED dengan menggunakan ZOOM MEETING. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain pretest, membaca materi, menonton video, dan posttest.

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Course Duration in Hours: 12
Skill Level: Beginner
Self enrolment (Teacher)