Enrolment options

Selamat datang para peserta Program Pre-University pada Mata Kuliah Dasar Gizi Kesehatan Masyarakat yang diampu oleh Departemen Gizi Kesmas, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.
Selamat bergabung dengan Pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda dalam komunitas pembelajar di kelas ini.
Metode yang diterapkan dalam mata kuliah ini adalah Asinkronus, di mana Pembelajar dapat membuka materi dan mengerjakan tugas kapan saja dan dimana saja sesuai dengan waktu luangnya. Terdapat 16 sesi dalam mata kuliah ini, yang akan berlangsung selama 2 bulan, dimulai 1 November 2022 dan berakhir 17 Desember 2022. Diharapkan Pembelajar dapat membagi waktunya dengan baik, sehingga semua materi, tugas dan ujian dapat diselesaikan tepat waktu. Dalam setiap sesi tersedia :
A. video yang berisi materi inti
B. PPT yang berisi materi lengkap
C. Kuis
D. Ruang untuk diskusi
Pada akhir materi ke 8, maka Pembelajar dapat mengikuti test evaluasi tengah semester (evaluasi materi 1 sd 8) dan di akhir materi ke 16, peserta akan mengikuti test evaluasi akhir (evaluasi materi ke 9 sd 16). Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.
Untuk memulai belajar, silahkan dipelajari buku rancangan pengajaran (BRP). Selama pembelajaran, pelajari materi ajar yang telah disiapkan dan kerjakan evaluasi yang diperlukan supaya Anda dapat lulus dari mata kuliah ini.
Buka forum diskusi yang telah disiapkan untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. Anda juga dapat bertanya di dalam forum tersebut jika ada materi yang kurang jelas dari video atau PPT.
Diharapkan, setelah mengikuti perkuliahan ini, para Pembelajar mampu menganalisis masalah gizi kesehatan masyarakat, menentukan penanggulangan serta dapat melakukan upaya pencegahan. Topik-topik yang termasuk dalam mata kuliah ini adalah dasar ilmu gizi seperti zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak), zat gizi mikro (vitamin dan mineral), penentuan status gizi, gizi pada tiap kelompok daur hidup (bayi, balita, anak sekolah, remaja, dewasa, lansia, bumil dan buteki), masalah gizi di Indonesia baik gizi kurang maupun gizi lebih seperti KEP, Anemia, KVA, GAKY dan obesitas serta perencanaan dan evaluasi program untuk menanggulangi dan mencegah masalah gizi.
Jika mengalami masalah teknis terkait sistem Idols, sampaikan di dalam Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk melalui livechat idols.ui.ac.id di jam operasional kerja pada hari Senin - Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Selamat belajar dan semoga sukses!


Skill Level: Beginner
Self enrolment (Student)