Enrolment options

Selamat datang di mata kuliah Dasar Kesehatan Masyarakat dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya, mata kuliah ini akan mempelajari tentang konsep dasar, metode serta aplikasi dasar kesehatan masyarakat, sebelum masuk ke dalam berbagai mata ajar yang lebih spesifik, pada tingkat mata ajar fakultas, program studi hingga peminatan.

Jumlah SKS mata kuliah ini adalah 3 SKS dan diberikan untuk mahasiswa semester pertama di jenjang S1. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 2,5 jam per minggu atau 10 jam per bulan. MOOCs berbahasa Indonesia akan dijalankan dengan moda instructor-led. Metode sinkronus (dengan menggunakan Zoom/Google Meet/MS Teams) dan asinkronus (dengan menggunakan EMAS/IDOLS). Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan adalah dengan mendengarkan video pemaparan yang akan diunggah di IDOLS lalu pembelajar menjawab pertanyaan studi kasus yang ada di akhir power point materi dan mempresentasikannya di kelas. Untuk saat ini MOOCs Dasar Kesmas dibuka untuk pembelajar Non UI dalam Skema Pre-University dan tidak dikenakan biaya.

Capaian pembelajaran yang diharapkan dicapai oleh pembelajar adalah pembelajar mampu menerapkan dasar ilmu kesehatan masyarakat, termasuk ilmu perilaku, biostatistic, epidemiologi, kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, gizi kesmas, obat dan makanan, kebijakan kesehatan serta pencegahan terhadap penyakit kronis, infeksi dan cidera.

Secara lebih detailnya, pembelajar akan mempelajari prinsip dan teori kesehatan masyarakat; kesehatan masyarakat berdasarkan evidens; komunikasi dan informasi kesehatan; ilmu sosial dan perilaku, dan kesehatan masyarakat; etika hukum dan kebijakan kesehatan; penyakit tidak menular; penyakit menular; kesehatan lingkungan; kesehatan dan keselamatan kerja; gizi kesehatan masyarakat; sistem dan institusi pelayanan kesehatan; obat dan makanan dalam perspektif kesehatan masyarakat; profesi kesehatan dan tenaga kesehatan; tantangan kesehatan masyarakat di masa depan.

Dosen pengampu:
Prof. Dr. dr. Rachmadhi Purwana, SKM
Prof. Dr. dr. Kusharisupeni, MSc
Wahyu Kurnia Yusrin Putra, SKM, MKM
Sifa Fauzia, SKM, MKM
Prof. Dr. dr. Sudarto Ronoatmodjo, SKM
Drs. Bambang Wispriyono, Apt., Ph.D
Prof. DrPH. dr. Hadi Pratomo, MPH
Prof. dr. Anhari Achadi, SKM, Sc.D
Abdul Kadir SKM, M.Sc.
Dr. Indri Hapsari Susilowati, SKM, MKKK
Laksita Ri Hastiti SKM, MKKK
Stevan Deby Anbiya, MS, MKKK
Course Duration in Hours: 2,5 Jam
Course Intro Video Url (Embedded): 20 menit
Skill Level: Beginner
Guests cannot access this course. Please log in.