Enrolment options

Selamat datang di Mata Kuliah Manifesitasi Infeksi Virus pada Rongga Mulut dari Departemen Ilmu Penyakit Mulut, FKG Universitas Indonesia. Selamat bergabung dengan ribuan pembelajar lainnya. Kami bersemangat dengan kehadiran Anda semua dan berharap partisipasi Anda di kelas ini. 

Mata kuliah manifesitasi infeksi virus di rongga mulut merupakan suatu mata kuliah yang didisain untuk kelainan atau kondisi yang terjadi di mukosa rongga mulut yang merupakan manifestasi infeksi yang disebabkan oleh berbagai virus. Terdapat banyak jenis infeksi virus yang dapat menimbulkan manifestasi di rongga mulut. Pengetahuan terkait hal ini perlu diketahui oleh masyarakat awam dan mahasiswa di bidang kesehatan sebagai dasar pengetahuan umum. Hal ini karena terjadinya manifestasi oral infeksi virus di rongga mulut dapat menyebabkan kondisi yang menyulitkan untuk pasien, termasuk rasa sakit, kesulitan makan minum dan bicara. Untuk itu pengetahuan tentang penyebab, gejala klinis, tanda klinis serta perawatan awal yang dapat dilakukan serta kapan saatnya harus ke dokter gigi merupakan hal yang perlu diketahui.

 Hal ini memungkinkan peminat konten mata kuliah ini adalah mahasiswa di bidang kesehatan maupun fakultas lain yang ingin menambah pengetahuan dasar terkait infeksi virus di rongga mulut baik di jenjang S1 maupun S2/Spesialis. Kondisi pandemi COVID-19 membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring baik secara sinkronus maupun askinkronus. Mata kuliah ini berbayar dan memiliki kredit 2 SKS.  Perkuliahan dapat diikuti secara self-paced pada bulan November 2021-Februari 2022 (4 bulan). Dosen akan melakukan kegiatan umpan balik menggunakan rubrik. Bahasa pengantar kuliah ini adalah bahasa Indonesia.

Silakan buka forum diskusi yang telah disiapkan untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. Anda juga dapat bertanya di dalam forum tersebut. Jika mengalami masalah teknis terkait sistem MOOC, sampaikan di dalam Pusat bantuan pembelajar. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai perkuliahan dapat menghubungi email: oralmedicine@ui.ac.id.

Selamat belajar dan semoga sukses!

Course Duration in Hours: 120
Skill Level: Beginner
Self enrolment (Student)