Enrolment options

Selamat datang pada kelas Sejarah Peradaban dan Pemikiran Ekonomi Islam (SPPEI). Pada kelas ini, akan dibahas sejarah singkat peradaban Islam, sebagai kerangka yang melatari kelahiran pemikiran ekonomi Islam, dari awal kelahirannya hingga abad ke-20.

Dengan latar belakang perkembangan sejarah tersebut, selanjutnya akan dibahas pengembangan pemikiran ekonomi Islam tahap awal (yang mencakup fase pembentukan, penerjemahan, penerjemahan ulang dan transmisi) serta pengembangan pemikiran ekonomi Islam di era kontemporer. Pemikiran al-Qur’an dan Sunnah serta cendekiawan Islam pada masing-masing lintasan sejarah peradaban Islam juga akan dibahas secara mendalam.

Secara keseluruhan, mata ajar ini bertujuan untuk mengenalkan Anda pada peradaban dan pemikiran ekonomi Islam serta kontribusinya pada pemikiran ekonomi modern. Setelah mengikuti mata ajar ini, Anda diharapkan mampu memahami sejarah peradaban dan pemikiran ekonomi Islam serta memahami bahwa kebangkitan ekonomi Islam kontemporer tidak dapat dilepaskan dari sejarahnya yang panjang.

NAMA MATA KULIAH: Sejarah Peradaban dan Pemikiran Ekonomi Islam
KODE MATA KULIAH: ECIE602004
KREDIT/JENJANG: 3 kredit (SKS)/S1
BAHASA PENGANTAR: Bahasa Indonesia
ESTIMASI WAKTU PEMBELAJARAN: 24-40 jam/ 14 minggu / 3-4 bulan
MODA/METODE PEMBELAJARAN: self-paced/asinkronus dengan media LMS idols.ui
AKTIVITAS BELAJAR: pemahaman konsep melalui video, PPT; latihan soal dan diskusi; serta kuis.
BIAYA MOOC: gratis/tak berbayar
Skill Level: Beginner
Self enrolment (Student)