Topic outline

  • Dr. Prianto Budi Saptono, M.B.A.

    prianto.saptono@ui.ac.id

    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

    Selamat datang di kelas PPN dan PPnBM!

    Selamat! Anda telah memilih untuk bergabung dengan kelas PPN dan PPnBM. Senang sekali Anda berkenan mengikuti kelas dengan topik pembelajaran yang menarik ini. Di kelas ini, kita akan sama-sama belajar beberapa konsep penting dalam PPN dan PPnBM, di antaranya:

    1. Konsep Nilai Tambah
    2. Time of Supply
    3. Pengkreditan Pajak Masukan

    Untuk memulai, pastikan agar terlebih dulu mempelajari Buku Rancangan Pengajaran dan mengeksplorasi materi ajar yang telah disiapkan. Jangan ragu untuk membuka forum diskusi dan berdiskusi dengan rekan peserta yang lain, karena ini akan membantu Anda memperdalam pemahaman tentang materi ajar. 

    Kelas ini terdiri dari 3 topik yang memerlukan waktu penyelesaian sekitar 60 menit untuk setiap sesinya. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan tiga sesi tersebut Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 x 60 menit. Akan tetapi, jangan khawatir karena kelas ini sangat fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan keluangan waktu Anda.

    Kelas PPN dan PPnBM ini berbahasa Indonesia dan dijalankan dengan moda self-paced/self-directed. Jadi, Anda dapat mempelajari materi secara mandiri sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing. Metode yang digunakan adalah blended learning dengan menggunakan video interaktif dan modul sebagai media pembelajaran, yang akan membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain membaca modul Rancangan Pengajaran, mengeksplorasi materi ajar yang telah disiapkan, mengerjakan kuis, dan berpartisipasi dalam forum diskusi untuk membahas materi ajar bersama rekan pembelajar di kelas. 

    Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB.

    Selamat belajar dan semoga sukses!

    Wassalammualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

  • Pada sesi ini, Anda akan diajak memahami mengenai konsep dasar nilai tambah. Aktivitas pembelajaran pertama adalah menonton Video Interaktif 1 terkait dengan konsep dasar nilai tambah yaitu Input + Process = Output sambil mengerjakan kuis interaktif yang disediakan di dalamnya. Aktivitas pembelajaran kedua, untuk memperdalam pemahaman tentang topik ini, Anda disediakan Materi Sesi 1 (PPT) untuk dibaca dan dicerna. Untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi sesi ini, Anda diminta menyelesaikan Tes Formatif (Kuis Sesi 1). Terakhir, Anda juga disarankan untuk mengeksplor Materi Pengayaan (PDF) yang telah disiapkan dalam sesi ini, guna memperluas pemahaman dan wawasan Anda. Pastikan Anda tidak melewatkan aktivitas pembelajaran, terutama Kuis Sesi 1 dan kuis interaktif dalam Video Interaktif 1 yang termasuk dalam komponen penilaian. 

    Selamat belajar!

  • Pada sesi ini, Anda akan diajak memahami mengenai konsep dasar nilai tambah selanjutnya yaitu time of supply. Aktivitas pembelajaran pertama adalah menonton Video Interaktif 2 terkait dengan time of supply sambil mengerjakan kuis interaktif yang disediakan di dalamnya. Aktivitas pembelajaran kedua, untuk memperdalam pemahaman tentang topik ini, Anda disediakan Materi Sesi 2 (PPT) untuk dibaca dan dicerna. Untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi sesi ini, Anda diminta menyelesaikan Tes Formatif (Kuis Sesi 2). Terakhir, Anda juga disarankan untuk mengeksplor Materi Pengayaan (PDF) yang telah disiapkan dalam sesi ini, guna memperluas pemahaman dan wawasan Anda. Pastikan Anda tidak melewatkan aktivitas pembelajaran, terutama Kuis Sesi 2 dan kuis interaktif dalam Video Interaktif 2 yang termasuk dalam komponen penilaian. 

    Selamat belajar!

  • Pada sesi ini, Anda akan diajak memahami mengenai konsep dasar nilai tambah selanjutnya yaitu Pengkreditan Pajak Masukan. Aktivitas pembelajaran pertama adalah menonton Video Interaktif 3 terkait dengan Pengkreditan Pajak Masukan sambil mengerjakan kuis interaktif yang disediakan di dalamnya. Aktivitas pembelajaran kedua, untuk memperdalam pemahaman tentang topik ini, Anda disediakan Materi Sesi 3 (PPT) untuk dibaca dan dicerna. Untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi sesi ini, Anda diminta menyelesaikan Tes Formatif (Kuis Sesi 3). Terakhir, Anda juga disarankan untuk mengeksplor Materi Pengayaan (PDF) yang telah disiapkan dalam sesi ini, guna memperluas pemahaman dan wawasan Anda. Pastikan Anda tidak melewatkan aktivitas pembelajaran, terutama Kuis Sesi 3 dan kuis interaktif dalam Video Interaktif 3 yang termasuk dalam komponen penilaian.

    Selamat belajar!
    • Materi Sesi 3 File 698.3KB PDF document Uploaded 17/01/24, 10:00
    • Materi Pengayaan (PDF) File 414.5KB PDF document Uploaded 17/01/24, 10:17