Enrolment options

Assalamu'alaikun Wr Wb, Salam Sehat dan Sukses untuk semua

Selamat datang rekan-rekan mahasiswa Universitas Indonesia pada kuliah Kimia Dasar 1. Melalui mata kuliah ini, Anda akan mempelajari konsep-konsep ilmu kimia secara mendasar. Kita akan membahas fenomena perbedaan sifat materi yang disebabkan oleh perbedaan komponen (jenis atom) dan interaksi antar komponen (ikatan antar atom). Kemudian kita akan membahas aspek kualitatif dan kuantitatif senyawa kimia dan reaksinya dalam media larutan dan gas.

Materi kimia dasar 1 tidak memiliki persyaratan kuliah apapun sebelumnya karena materi ini berisi fondasi awal memahami konsep kimia. Materi Pembelajaran dalam kimia dasar 1 ini adalah materi dan sifatnya, unsur penyusun materi yaitu atom, elektron, ikatan kimia, stoikiometri, jenis reaksi kimia, larutan dan sifat koligatif, termokimia, kinetika gas, kinetika reaksi, dan kesetimbangan kimia.

Setelah mengikuti mata kuliah kimia dasar 1 ini Anda akan mampu : membedakan konsep-konsep dasar ilmu kimia yaitu pengenalan komponen materi dan sifat-sifatnya melalui teori atom, ikatan kimia, serta jenis-jenis reaksi dan hubungannya dalam kehidupan. Mengaplikasikan konsep-konsep dasar ilmu kimia dalam menyelesaikan permasalahan keseharian kehidupan yang berkaitan dengan bidang kimia secara sederhana baik metode kualitatif maupun kuantitatif.

Jumlah SKS mata kuliah ini adalah 4 SKS dan diberikan untuk jenjang S1. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 100 menit 2 kali pertemuan setiap minggunya dalam waktu 4 bulan. MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda INSTRUCTUR-LED. Metode yang digunakan adalah Asinkronus dan Sinkronus dengan menggunakan IDOLS dan TEAMS. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain melakukan perkuliahan sinkronus pada TEAMS, membaca modul dan mengerjakan kuis post test dan pretest, mengerjakan latihan soal dan tugas pada platform IDOLS. Pembelajaran pada MOOCs Kimia Dasar tidak dibebankan biaya atau gratis.

Apabila Anda memiliki kendala teknis Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Heldesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.30-17.00 WIB.
Course Duration in Hours: 100
Skill Level: Beginner
MOOCSKimiaDasar1