Enrolment options

Dosen Koordinator : Dony Abdul Chalid [donny.abdul@ui.ac.id]

Melalui mata kuliah/modul ini, Anda akan mempelajari prinsip-prinsip dasar ekonomi mikro dan makro. Anda diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk melakukan analisis pengaruh perubahan-perubahan komponen penting perekonomian mikro dan makro pada pada perilaku bisnis dan juga proses pembuatan keputusan. Lingkup bahasan mata kuliah meliputi pengenalan dasar-dasar ilmu perekonomian mikro dan menerapkannya untuk menganalisa kondisi perekonomian terkini. Mata ajaran ini mengulas mengenai kebijakan fiskal, moneter serta pasar tenaga kerja dan implikasi manajerial atas perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga asuransi. Jumlah SKS dari mata kuliah ini adalah 2 SKS dan modul ini ditujukan untuk jenjang Strata 2 (S2). Dengan estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini selama 25 jam (150 menit dari 10 pertemuan). MOOCs ini akan dijalankan dengan moda Instructor-Led serta tidak akan berbayar (gratis).

Setelah mengikuti mata kuliah/modul Anda akan mampu menerapkan konsep dan indikator mikroekonomi dan makroekonomi untuk menganalisis kondisi perekonomian Indonesia dan perekonomian global. Selain itu, Anda akan mampu:

1. Memiliki pemahaman mengenai konsep dasar mikro dan makroekonomi serta perbedaan diantara keduanya.
2. Memiliki pemahaman mengenai konsep mikroekonomi seperti perilaku konsumen, fungsi produksi dan struktur biaya, serta struktur pasar.
3. Memiliki pemahaman mengenai indikator-indikator makroekonomi seperti inflasi, pengangguran, tingkat pertumbuhan
4. Memiliki pemahaman mengenai kebijakan makroekonomi yaitu kebijakan fiskal, moneter dan juga kebijakan perdagangan internasional.
5. Menerapkan pemahamannya untuk menganalisa dampak dari kebijakan ekonomi terhadap industri asuransi.
Skill Level: Beginner
Self enrolment (Student)