Enrolment options

Selamat datang di mata kuliah Clustering dalam Bioinformatics dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Materi pembelajaran akan fokus kepada analisis clustering dalam bioinformatics dengan menggunakan data genome seperti sequence dan ekspresi gen. Topik – topik yang dibahas mencakup: Teknik-teknik Clustering, Metode Biclustering, Kaitan clustering dan Bioinformatics, Analisis clustering dengan menggunakan studi kasus pada data Bioinformatics, serta penggunaan tools. Metode pembelajaran menggunakan pendekatan asinkron dan self-paced learning. Setiap peserta MOOC pada mata kuliah ini akan mendapatkan sertifikat jika dapat menyelesaikan perkuliahan sampai akhir.

Jumlah SKS mata kuliah ini adalah 0 SKS dan diberikan untuk jenjang S1/NON JENJANG. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 3 jam /minggu selama 6 minggu. MOOCs berbahasa Indonesia ini akan dijalankan dengan moda self-paced. Metode yang digunakan adalah asinkronus dengan menggunakan video dan modul.   Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain:

  • Membaca materi
  • Melihat video pembelajaran
  • Berdiskusi via Forum Diskusi
  • Mengerjakan Tugas
  • Mengerjakan Kuis
  • Mengerjakan Ujian Akhir

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Skill Level: Beginner
Self enrolment (Teacher)