Enrolment options

Pada MOOCs ini, peserta akan mempelajari prinsip kerja perangkat komputer dan kaitannya dengan tahapan serta teknologi forensik digital. Perangkat komputer digunakan di berbagai organisasi untuk menyimpan, memproses, dan menyajikan informasi. Proses forensik diupayakan untuk dapat menggali jejak serta informasi digital sebanyak mungkin dan memberikan gambara kronologis yang komprehensif atas suatu skenario.

Beberapa studi kasus akan diberikan sebagai latihan, yang membutuhkan peserta untuk menggunakan perangkat komputer dan jaringan internetnya sendiri. Spesifikasi minimal komputer peserta yang disarankan:

  • Komputer dengan prosesor arsitektur x64 (bukan ARM) minimal 2 core.
  • RAM minimal 8 GB.
  • Storage kosong minimal 100 GB (boleh ditunjang dengan external storage).
  • Koneksi internet untuk mengunduh beberapa file berukuran antara 1 sampai 10 GB.

Metode pembelajaran yang digunakan pada MOOCs ini adalah asinkron/self-paced, artinya peserta dipersilakan mengakses materi pembelajaran, mengerjakan tugas, serta melakukan ujian/evaluasi pembelajaran kapanpun di manapun melalui internet, hingga akhirnya certificate of completion tersedia dan dapat diunduh.

Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, dengan tetap menggunakan beberapa istilah di bidang komputer dan forensic digital dalam Bahasa Inggris.

Skill Level: Intermediate
Self enrolment (Teacher)