Enrolment options

Selamat datang di mata kuliah Pemrograman Python Dasar dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. 

Bahasa pemrograman Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer saat ini. Python merupakah bahasa pemrograman yang dapat dikembangkan untuk beberapa gaya pemrograman yang berbeda (misalnya prosedural atau berorientasi objek). Python banyak digunakan untuk Back end development, Data science, dan App development. Tujuan utama dari dari mata kuliah ini adalah untuk memandu peserta mulai dari yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman sama sekali ke tingkat pengetahuan pemrograman yang memungkinkan Anda merancang, menulis, men-debug, dan menjalankan program yang dibuat dalam bahasa Python dasar, termasuk di dalamnya manipulasi data dasar (seperti menampilkan output, menerima input, tipe data, operator matematika), penyeleksian kondisi, dan perulangan.

Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk:. 

  • Mampu mengimplementasikan menipulasi data dasar dalam bahasa Python
  • Mampu mengimplementasikan penyeleksian kondisi dalam bahasa Python
  • Mampu mengimplementasikan perulangan dalam bahasa Python

Mata kuliah ini bertipe NON KREDIT dan dapat diikuti oleh semua jenjang studi. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 150 menit per pekan dengan durasi 3 pekan (total 7,5 jam). MOOCs berbahasa INDONESIA ini akan dijalankan dengan moda SELF PACED. Metode yang digunakan adalah ASINKRONUS dengan menggunakan IDOLS UI. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain menonton video, membaca materi, pemrograman (coding) dengan Google Colaboratory dan Kuis di akhir setiap materi. 

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Course Duration in Hours: 7.5
Skill Level: Beginner
Self enrolment (Teacher)