Enrolment options

Selamat datang di mata kuliah Merancang Server Mining Kripto atau Blockchain Mining Server, dan selamat bergabung dengan pembelajar lainnya. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang bagaimana merancang dna mengelola suatu Server Mining Krypto atau Blockchain Mining Server sederhana yang hanya menggunakan satu set komputer dengan sebuah vga card. Setelah mempelajari MK ini,  bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar blockchain, jenis-jenis blockchain, peran mining dalam blockchain, serta perbedaan mining pada Bitcoin dan altcoin. Selain itu, peserta pelatihan diharapkan mampu memahami kebutuhan hardware untuk mining server, konfigurasi software yang diperlukan, pengoperasian dan pemeliharaan mining server, serta menjaga efisiensi dan produktivitas server mining. Dengan materi ini, diharapkan peserta dapat merancang dan mengelola server mining secara efektif untuk memaksimalkan profitabilitas dan menjaga keamanan dalam operasi mining server.

Pengajar Dr Yulius Eka Agung Seputra, SAK, ST, MSi Cert DA adalah pengajar senior Merancang Server Mining Kripto tersertifikasi yang telah membuat 15 buku dan 5 HAKI termasuk HAKi tentang Merancang Server Mining.

Jumlah SKS mata kuliah ini adalah 2 SKS dan diberikan untuk NON JENJANG. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 1 Bulan.. MOOCs berbahasa INDONESIA ini akan dijalankan dengan moda SELF PACED. Metode yang digunakan adalah ASINKRONUS dengan menggunakan video pembelajaran. Beberapa aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan antara lain memberikan teori singkat, melakukan praktek analisis data dengan microsoft Excell.

Apabila Anda memiliki kendala teknis terkait Learning Management System (LMS) MOOCs UI, sampaikan pada forum Pusat Bantuan Pembelajar atau menghubungi Helpdesk di live chat idols.ui.ac.id pada jam operasional kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Skill Level: Beginner
Self enrolment (Teacher)