Forum Diskusi 3

Tips Mudah Sewa Bus Pariwisata: Liburan Jadi Aman dan Menyenangkan

Tips Mudah Sewa Bus Pariwisata: Liburan Jadi Aman dan Menyenangkan

by Safira Khaurunnisa -
Number of replies: 0

Masyarakat kini menggemari sewa bus pariwisata  untuk dijadikan sebagai salah satu pilhan akomodasi yang banyak digunakan. Teknologi otomotif yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan kualitas fasilitas bus membuat para pelancong lebih pilih sewa bus pariwisata  untuk dijadikan moda transportasi favorit mereka. 

Hal itu bisa terjadi karena faktor biaya yang lebih efisiensi dan tingkat kenyamanan selama perjalanan jadi alasan mengapa penggemar bus pariwisata  semakin meningkat setiap tahunnya.

Biasanya nih, para wisatawan yang lebih memilih menggunakan jasa sewa bus   murah adalah mereka yang hendak pergi liburan dengan membawa rombongan dengan jumlah yang cukup banyak.

Perjalanan selama menuju lokasi wisata dapat dinikmati dengan melihat indahnya suasana pemandangan dengan lebih nyaman karena bersama rombongan. Perencanaan liburan pun akan jadi semakin lebih mudah jika gunakan sewa bus di .

Namun, sebelum anda menghubungi jasa sewa bus pariwisata  yang ingin digunakan, akan lebih baik lagi jika anda baca tips mudah sewa bus pariwisata  berikut ini. Baca sampai selesai ya, agar anda tahu apa saja sih yang harus dipertimbangkan sebelum sewa bus pariwisata .

  1. Pemesanan

Reservasi bus pariwisata  jadi suatu hal yang bisa anda lakukan dengan mendatangi langsung agen sewa bus di  dan PO bus. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang mampu membuat semuanya serba digital membuat jasa sewa bus di  berinovasi dengan menyediakan layanan pemesanan secara online atau daring.

Umumnya, pemesanan secara online bisa dilakukan lewat aplikasi PO bus, mengirim format pemesanan melalui email, chat atau telepon via WhatsApp dan lain sebagainya. Tentu saja hal tersebut mempermudah anda yang ingin sewa bus pariwisata  namun terkendala dengan kesibukan.

Saat anda sedang melakukan proses pemesanan sewa bus pariwisata , setidaknya ada empat pertanyaan dari pihak customer service agen sewa bus di  untuk anda jawab.

Pertanyaan-pertanyaan itu antara lain tanggal bus pariwisata  akan digunakan, durasi pemakaian bus pariwisata, jumlah penumpang yang akan menggunakan bus dan tujuan wisata yang akan dikunjungi.

Jawaban yang anda berikan kepada pihak customer service akan menjadi data pihak jasa sewa bus di  untuk listing pemesanan dan untuk menentukan tarif harga sewa bus pariwisata yang harus anda keluarkan. 

  1. Kapasitas Bus

Sebelum anda menghubungi agen sewa bus pariwisata di , pastikan terlebih dahulu anda sudah punya data berapa jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan pariwisata. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa tipe bus yang dapat dipilih berdasarkan dengan kapasitas dan kebutuhan klien. Biasanya sih kapasitas bus pariwisata itu besar, ada yang berkapasitas 24 seat, 44 seat hingga 59 seat. Bus ukuran medium kapasitasnya cukup banyak, ada yang berkapasitas 27 seat dan 31 seat.

  1. Pembayaran

Kemudahan dalam transaksi menjadi satu poin penting yang anda harus tahu sebelum sewa bus pariwisata di . Ketika anda sudah menetapkan tanggal pemakaian, durasi penggunaan bus dan jumlah rombongan wisata, anda perlu menyelesaikan administrasi pembayaran.

Disarankan nih sebaiknya anda lakukan pembayaran dengan bertahap yakni memberikan uang DP (down payment) paling lambat satu hari setelah proses pemesanan bus pariwisata. Besarnya DP yang ditentukan antar agen sewa bus di  dapat berbeda-beda, tergantung dengan kebijakan perusahaan masing-masing, di pasaran besaran DP umumnya 30 persen dari total harga yang harus dibayarkan. 

Setelah anda lakukan pembayaran DP jangan lupa untuk melunasi pembayaran ya, paling lambat itu sekitar 7 hari sebelum keberangkatan. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pelunasan bisa anda lakukan lebih cepat tanpa perlu menunggu batas waktu yang ditetapkan dari agen bus.

  1. Fasilitas Bus Pariwisata

Harga sewa bus pariwisata  yang diaptok oleh agen bus sudah termasuk bahan bakar dan driver. Selain yang sudah disebutkan seperti biaya tol, parkir bus dan tiket masuk destinasi wisata akan dibebankan kepada penyewa bus.

Persaingan ketat di dunia jasa sewa bus pariwisata mendorong perusahaan untuk bisa memanjakan konsumen dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, mulai dari AC, set karaoke, kursi yang nyaman biasanya dilengkapi dengan selimut dan bantal kursi bahkan untuk fasilitas bus pariwisata yang mewah disediakan juga plugin charger untuk menunjang kenyamanan pengguna dan kelayakan bus pariwisata.

  1. Waktu Pemesanan

Peningkatan penggunaan bus pariwisata secara signifikan biasanya terjadi saat musim libur sekolah, libur akhir tahun maupun libur hari besar seperti hari raya Idul Fitri dan Natal. Selain waktu-waktu yang sudah disebutkan biasanya tingkat pemesanan bus stabil atau normal.

Kesempatan hari libur itu membuat masyarat mempersiapkan liburan di waktu yang bersamaan. Musim liburan itu juga mempengaruhi tarif harga sewa yang dikenakan oleh masing-masing perusahaan sewa bus pariwisata di . Tarifnya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Nah maka dari itu, untuk menghindari kehabisan stok bus buatlah proses pemesanan jauh-jauh hari sebelum berangkat berwisata. Meskipun sewa bus  bisa dilakukan kapan saja, ada baiknya perhatikan tips mudah sewa bus pariwisata  ini ya.

Bagi anda yang ingin menyewa bus atau transportasi darat lainnya untuk liburan bersama keluarga, anda dapat sewa bus pariwisata  di Happy Bus. Tentunya, Happy Bus selalu memberikan pelayanan terbaiknya. Untuk informasi lebih lanjut tentang sewa bus Happy Bus ini, langsung saja yuk kunjungi websitenya di https://happy-bus.id.